Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SYARAT PENDAFTARAN BLT DANA DESA 2022

Table of Contens [ Open ]

Syarat Pendaftaran BLT dana Desa 2022 - Perkembangan sampai saat ini tentang Dana Desa yang pada dasarnya setiap pergantian tahun selalu mengajukan beberapa persyaratan bagi pemerintahan desa untuk mendapatkan dana desa tersebut. Dana Desa dipergunakan untuk kelangsungan dan perkembangan desa, baik kepemerintahan desa maupun untuk kemasyarakatan desa itu sendiri. 


Nah, info dari operator desa kali ini yaitu beberapa Syarat Pendaftaran BLT Dana Desa 2022. Mengulas dan mengutip dari beberapa media sosial, bahwa masih banyak dari masyarakat yang belum mengerti dan faham akan syarat mendaftarkan diri untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. 


BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) 2022


Menurut kami sebagian besar pertanyaan yang ada di dalam masyarakat yaitu, Dana Desa 2022 apakah masih ada? Jadi, simak informasi mengenai BLT Dana Desa 2022, penerima manfaat bisa dapatkan Rp 1,2 juta dari BLT Dana Desa 2022.


BLT Dana Desa 2022 adalah salah satu program pemerintah yang dijalankan melalui Kementerian Desa PDTT. Program BLT tersebut dijalankan untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem yang terjadi di desa. Program BLT Dana Desa 2022 dikonfirmasi oleh pemerintah terkait bahwa tahun 2022 BLT akan tetap dijalankan. Anggaran BLT Dana Desa 2022 dipersiapkan melalui anggaran dana desa. 



Mengutip dari kemendesa.go.id menyatakan bahwa APBN tahun 2022 penggunaan dana desa telah diatur penggunaannya. Sebanyak 40 persen dari dana desa dipersiapkan untuk BLT Dana Desa 2022. Pembagian dari 40 persen yang dipersiapkan dirincikan 30 persen dana desa untuk program ketahanan pangan dan hewani. Sedangkan 8 persen untuk dukungan pendanaan penanganan Covid-19, dan sisanya untuk program sektor prioritas lainnya.


Walaupun menggunakan dana desa, namun Menteri Desa PDTT mengatakan bahwa pembangunan desa masih tetap dapat dilanjutkan. Penggunaan dana desa dimaksudkan agar masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah kebawah merasakan dampak dari adanya dana desa.


Pencairan BLT Dana Desa 2022


Dilansir dari beberapa laman resmi dan media resmi desa menyebutkan bahwa beberapa desa telah melakukan pembagian BLT Dana Desa tahun 2022. BLT Dana Desa 2022 dicairkan sebesar Rp 300 ribu setiap tahap. Jika ingin mengaksesnya atau mencairkannya, calon penerima harus mengajukan diri agar direkomendasikan oleh pihak kelurahan/desa ke pusat.  Pemohon harus mendatangi kantor kelurahan atau desa domisili untuk melakukan pendaftaran BLT Dana Desa 2022.



Nantinya, pihak kelurahan/desa akan memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pemohon harus melengkapi beberapa dokumen terlebih dahulu di antaranya adalah surat keterangan miskin, data indentitas pribadi berupa KTP, dan data keluarga berupa KK serta dokumen lainnya.


Selain itu, BLT Dana Desa 2022 juga ditargetkan bagi keluarga miskin yang belum tersentuh BLT lainnya. Keluarga penerima manfaat tidak terdaftar sebagai penerima BLT PKH, dan Kartu Prakerja, dan BLT BPNT.


BLT Dana Desa Untuk Pengidap Penyakit Kronis


Keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa 2022 juga ditargetkan bagi keluarga yang mengalami PHK oleh perusahaan. Selain itu, program ini diperuntukkan bagi keluarga yang salah satu diantaranya sedang mengalami sakit kronis.



Dari penjelasan diatas bahwa Syarat Pendaftaran BLT Dana Desa 2022 tidaklah sulit, asalkan melalui prosedur dengan baik. Dan jika ada beberapa masyarakat yang mengeluhkan tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa lebih baih tanyakan langsung kepada petugas atau aparatur desa setempat. 


Sebab, penyaluran BLT Dana Desa ini mempunyai kriteria-kriteria tertentu dan alasan tertentu jika ingin mendapatkan dana dari program desa tersebut melalui BLT Dana Desa.


Sekian informasi dari kami operator desa mengenai Syarat Pendaftaran BLT Dana Desa 2022 yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat dimengerti dan dipahami bagaimana alur pendaftaranya dan jangan lupa ikuti terus kiat berita dari kami tentang kabar dan berita desa terupdate hanya di Operatordesa.com. Sekian dan terimakasih..

Posting Komentar untuk "SYARAT PENDAFTARAN BLT DANA DESA 2022"

X