Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Jalan / Bepergian / Boro dari Desa dan Contohnya

Table of Contens [ Open ]

Surat Jalan / Bepergian / Boro dari Desa dan Contohnya

Apa itu Surat Jalan?

Dikutip dalam buku Pengelolaan Bisnis Ritel SMK/MA Kelas XII karya Aris Purwantinah (2021: 34), surat perjalanan adalah surat yang dibuat oleh penjual yang harus dibawa oleh petugas yang pembeli. Surat jalan tersebut merupakan bukti sah bahwa petugas mengirim barang kepada pembeli.

Surat jalan adalah surat yang digunakan untuk mengiringi pengiriman suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan menggunakan kendaraan pengangkut sebagai transportasi logistik. Manfaat surat jalan sangat penting untuk menghadapi pemeriksaan Polantas di jalan raya. Dengan memiliki surat jalan, secara otomatis diberitahukan soal barang yang sedang diangkut dalam kendaraan tersebut.

Surat jalan juga memiliki fungsi sebagai surat pengantar dan tanda terima yang valid, karena surat jalan membutuhkan tanda tangan dan nama penerima barang. Sebagai pengantar, surat jalan ini merupakan bukti bahwa barang sudah diterima dengan baik oleh yang bersangkutan. Oleh karena itu, surat jalan hendaknya dibuat rangkap dua.

Kegunaan Surat Jalan

  1. Bukti pengiriman yang valid.
  2. Sebagai surat keterangan.
  3. Dokumen resmi perusahaan.

Informasi yang Tercantum dalam Surat Jalan

Ada beberapa informasi yang harus tercantum dalam surat jalan. Hal ini untuk membantu petugas yang berwenang dalam melakukan pengecekan, juga untuk meminimalisir tejadinya kejahatan dan penyelewengan. Berikut informasi yang wajib ada dalam surat jalan:

  1. Nama dan alamat perusahaan pengirim.
  2. Nomor surat.
  3. Tempat dan tanggal pembuatan surat jalan.
  4. Nama perusahaan tujuan atau institusi tujuan pengiriman
  5. Rincian dari barang yang dipesan seperti nama barang, jumlah barang, dan harga barang.

Selain poin-poin di atas, format dalam surat jalan juga dapat dilengkapi dengan informasi pengantar barang atau nama sopir, serta nomor polisi kendaraan. Surat jalan harus ditandatangani oleh seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengiriman dan penerimaan barang.

Persyaratan Pengajuan surat keterangan Bepergian / surat Jalan / Boro / Boro Bekerja / Boro Sekolah 

  1. Fotocopy dan asli KTP-el
  2. Fotocopy dan asli KK
  3. Surat Pengantar Ketua RT Mengetahui Ketua RW
  4. Alamat Lengkap dan nama tempat tujuan Bepergian/Perjalanan/Boro. Jika untuk boro bekerja/kembali bekerja disebut nama instansi/perusahaanya dilampiri SK atau surat perjalanan dinas atau surat tugas lainnya menunjukkan tempat bekerja, jika tidak ada bersangkutan membuat surat pernyataan

Posting Komentar untuk "Surat Jalan / Bepergian / Boro dari Desa dan Contohnya"

X